Fungsi Penangkal Petir pada Bangunan

Fungsi dan Kegunaan Penangkal Petir pada bangunan sangat banyak dan memberi dampak positif bagi penggunanya. dikawasan dengan intensitas sambaran petir yang tinggi setiap bangunan yang di jadikan aktifitas, baik itu ketenagakerjaan ataupun  sosial wajib hukumnya tempat tersebut dilindungi oleh instalasi penagkal petir di samping Instalasi pemadam kebakaran.

Beberapa Fungsi Anti petir yang perlu kita ketahui:

  1. Perlindungan dari sambaran petir

Secara alamiah bahwa sambaran petir memerlukan objek untuk menyalurkan dan menetralkan sambaran, seperti pohon dan tanah lapang yang biasanya menjadi sasaran sambaran petir.

  1. Mengindahkan Peraturan pemerintah mengenai Perijinan Penangkal Petir.

Fungsi Penangkal Petir Pada Bangunan

Penangkal Petir Evo Franklin EF-150 didesign khusus untuk bangunan Besar dengan ketinggian 1 hingga 3 lantai atau luas area di bawah 2000m2 seperti Rumah dan Kantor. Anti Petir EF-150 juga dapat dipergunakan untuk tower triangle atau tower BTS. Dibuat dengan teknologi terkini dan material berkualitas Evo Franklin dapat memberikan solusi terbaik untuk sistem penangkal petir elektrostatis anda. Instalasi Anti petir Evo Franklin terdapat 3 bagian utama:

1. Anti Petir EF-150

Dalam Air terminal Evo Frankin terdapat Hole Cable Conector dan Pole Conector yang sangat mudah dalam pengaplikasian instalasi. Minimal dan maksimal Hole cabel conector bisa menggunakan kabel dari ukuran 25mm -50mm yang dapat di kunci Clip Bolt conector 10mm. Pole Conector untuk tiang penyanga anti petir menggunakan Galvanize pipe 1 inches dan dapat di kombinasikan menggunakan ploksok atau soket sesuai ukuran yang diperlukan di lapangan. Panjang pipa yang di butuhkan minimal 1 meter diatas bangunan tertinggi.

 Penangkal Petir SNI - Fungsi Penangkal Petir Pada Bangunan  Harga Penangkal Petir - Fungsi Penangkal Petir Pada Bangunan  Penangkal petir - Fungsi Penangkal Petir Pada Bangunan

​​​

2. Kabel Penghantar Penyalur petir

Kabel penghantar untuk penangkal petir Evo Franklin dapat menggunakan kabel BC dengan ukuran min 1 x 25mm – 50mm, juika menggunakan kabel BC sebaiknya gunakanlah isolator PVC sesuai ukuran kabel, supaya dapat meredam induksi. Atau dapat menggunakan kabel yang sudah berisolator seperti kabel NYA atau pun NYY. Instalasikan dan klem dengan baik dan rapih instalasi kabel penyalur petir tersebut, pertimbangkanlah nilai estetika bangunan supaya terlihat elok tanpa mengurangi sistem kerja penyaluran kedalam pembumian.

Penangkal Petir Elektrostatis - Fungsi Penangkal Petir Pada Bangunan

Penangkal petir elektrostatis terbaik

3. Pembumian atau Arde Penyalur Petir

Buatlah sistem grounding dengan baik dan ukur dengan menggunakan eart tester grounding untuk mendapatkan hasil maksimal. Nilai standart yang diperguakan adalah < 5 Ohm, gunakanlah logam yang baik dalam pembuatan sistem pembumian, seperti : logam tembaga, galvanize bahkan almuniumpun dapat dipergunakan. Atur kedalaman grounding dan penyebaran material supaya mendapatkan nilai resistansi yang baik. Buatlah bak kontrol untuk pengukuran dan maintanance di kemudian hari.

Penangkal Petir SNI - Fungsi Penangkal Petir Pada Bangunan

Demikianlah teori aplikasi instalasi penangkal petir untuk Evo Franklin EF-60, konsultasikanlah rencana pekerjaan penangkal petir untuk bangunan anda kepada orang yang telah berpengalaman atau menggunakan jasa-jasa instalasi penangkal petir atau anti petir di kota anda. Mari kita sadar akan keselamatan dan lindungilah aset bangunan kita beserta penghuni dan tenaga kerjanya.

Save