cara-kerja-penangkal-petir-evo-franklin

GROUNDING

Dalam sistem penangkal petir dan pasokan listrik, sistem pembumian atau sistem grounding adalah sirkuit yang menghubungkan bagian dari rangkaian listrik dengan tanah, sehingga mendefinisikan potensial listrik dari konduktor relatif terhadap permukaan konduktif bumi. Pilihan sistem pembumian dapat mempengaruhi keamanan dan kompatibilitas elektromagnetik dari catu daya. Secara khusus, hal itu mempengaruhi besarnya dan distribusi arus hubungan pendek melalui sistem, dan efek itu menciptakan peralatan dan orang-orang di dekat sirkuit. Sistem pembumian atau grounding penangkal petir pada dasarnya adalah membuat jalur rambatan yang terarah di dalam tanah menggunakan material logam yang dapat menghantarkan arus petir ke dalam pembumian. Penghantaran arus petir pada pembumian dipengaruhi oleh nilai hambatan yang terkandung dalam struktur tanah di area grounding tersebut (resistansi), bukan kedalaman penanaman material grounding. Dalam pembuatan pembumian penangkal petir, nilai resistansi yang baik adalah di bawah 5 ohm. Bila nilai resistansi pembumian lebih dari 5 ohm bisa dikatan nilai tersebut kurang baik, karena untuk meredam arus sambaran petir, pembumian harus sangatlah baik.

Peraturan untuk sistem pembumian penangkal petir atau instalasi listrik bervariasi antara negara-negara dan di antara bagian-bagian yang berbeda dari sistem listrik. Sebuah pelindung bumi (PE), yang dikenal sebagai konduktor peralatan grounding di US National Electrical Code, menghindari hal ini dengan menjaga permukaan konduktif terbuka perangkat di potensial bumi. Untuk menghindari kemungkinan drop tegangan ada saat ini dibiarkan mengalir dalam konduktor ini dalam keadaan normal. Dalam hal suatu kesalahan, arus akan mengalir yang harus perjalanan atau meniup sekering atau pemutus melindungi sirkuit. Sebuah impedansi tinggi line-ke-darat kesalahan cukup untuk perjalanan dengan proteksi arus masih perjalanan perangkat sisa-saat ini (ground rangkaian kesalahan interrupter atau sakelar di Amerika Utara) jika ada yang hadir. Pemutusan ini dalam hal kondisi berbahaya sebelum seseorang menerima kejutan, adalah prinsip dasar praktek kabel modern dan dalam banyak dokumen yang disebut sebagai pemutusan otomatis pasokan (ADS). Sebaliknya, hubungan bumi fungsional melayani tujuan lain selain perlindungan shock, dan biasanya dapat membawa arus. Contoh yang paling penting dari bumi fungsional adalah netral dalam sistem pasokan listrik. Ini adalah konduktor arus tercatat terhubung ke bumi, seringkali, namun tidak selalu, hanya pada satu titik untuk menghindari aliran arus melalui bumi. The NEC menyebutnya pasokan konduktor ground untuk membedakannya dari konduktor peralatan grounding. <p>    “>Orang-orang menggunakan sistem pembumian terutama untuk aplikasi ini:

ground rod rather than passing through the structure.<br /><br />
“>Grounding Penangkal Petir Untuk melindungi struktur dari sambaran petir, mengarahkan petir melalui sistem pembumian dan ke tanah batang daripada melewati struktur.
<p>”>Bidang tanah yang paling umum untuk antena monopole besar dan beberapa jenis lain dari antena radio.

    “>kawat tunggal Bumi.

satu di setiap akhir antena dipol tanah ELF.

Alat Ukur Grounding Penangkal Petir

Earth Ground tester adalah alat ukur untuk mengetahui nilai pembumian penangkal petir atau listrik tang kita tanam pada suatu instalasi grounding. dengan mengharuskan nilaian resistansi seminimal mungkin, banyak alat tester yang beredar di pasangan baik tester digital maupun analog yang menggunakan jarum indikator.

Gambar: Earth Ground tester

Kabel Penangkal Petir

Kabel penyalur merupakan komponen yang penting dalam pemasangan instalasi penangkal petir. Kabel penyalur ini biasanya digunakan  sebagai konduktor penangkal  (penyaluran dari head terminal ke sistem pembumian) dan juga grounding. Untuk ukuran kabel penyalur  yang baik adalah 35-50mm, dalam standart pemasangan instalasi penangkal petir kabel berukuran 50mm yang sering dipakai. Beberapa jenis kabel yaitu:

Kabel BC (Bare Copper)

Kabel Coaxial

Kabel NYY

Kabel NYA

gunakanlah material kabel dengan kaualitas dan volume yang standart