MENGENAL SEJARAH PENANGKAL PETIR DAN ANTI PETIR

Jasa Penangkal Petir Elektrostatis Hub: 081221711127, Indonesia termasuk negara yang memiliki kepadatan sambaran petir yang tertinggi, karena berada di daerah tropis dan dikelilingi lautan. Selain Afrika Tengah dan Lembah Sungai Arizona Indonesia termasuk diantara tiga daerah petir terbesar di dunia.

Penangkal Petir Elektrostatis Evo Franklin EF-60 didesign khusus untuk bangunan kecil dengan ketinggian 1 hingga 3 lantai atau luas area di bawah 2000m2 seperti Rumah dan Kantor. Anti Petir EF-60 juga dapat dipergunakan untuk tower triangle atau tower BTS. Dibuat dengan teknologi terkini dan material berkualitas Evo Franklin dapat memberikan solusi terbaik untuk sistem penangkal petir elektrostatis anda anda. Instalasi Anti petir Evo Franklin terdapat 3 bagian utama:

1. Anti Petir EF-60

Dalam Air terminal Evo Frankin terdapat Hole Cable Conector dan Pole Conector yang sangat mudah dalam pengaplikasian instalasi. Minimal dan maksimal Hole cabel conector bisa menggunakan kabel dari ukuran 25mm -50mm yang dapat di kunci Clip Bolt conector 10mm. Pole Conector untuk tiang penyanga anti petir menggunakan Galvanize pipe 1 inches dan dapat di kombinasikan menggunakan ploksok atau soket sesuai ukuran yang diperlukan di lapangan. Panjang pipa yang di butuhkan minimal 1 meter diatas bangunan tertinggi.

 Penangkal Petir SNI  Harga Penangkal Petir  Penangkal petir

​​​

2. Kabel Penghantar Penyalur petir

Kabel penghantar untuk penangkal petir Evo Franklin dapat menggunakan kabel BC dengan ukuran min 1 x 25mm – 50mm, juika menggunakan kabel BC sebaiknya gunakanlah isolator PVC sesuai ukuran kabel, supaya dapat meredam induksi. Atau dapat menggunakan kabel yang sudah berisolator seperti kabel NYA atau pun NYY. Instalasikan dan klem dengan baik dan rapih instalasi kabel penyalur petir tersebut, pertimbangkanlah nilai estetika bangunan supaya terlihat elok tanpa mengurangi sistem kerja penyaluran kedalam pembumian.

Penangkal Petir Elektrostatis

Penangkal petir elektrostatis terbaik

3. Pembumian atau Arde Penyalur Petir

Buatlah sistem grounding dengan baik dan ukur dengan menggunakan eart tester grounding untuk mendapatkan hasil maksimal. Nilai standart yang diperguakan adalah < 5 Ohm, gunakanlah logam yang baik dalam pembuatan sistem pembumian, seperti : logam tembaga, galvanize bahkan almuniumpun dapat dipergunakan. Atur kedalaman grounding dan penyebaran material supaya mendapatkan nilai resistansi yang baik. Buatlah bak kontrol untuk pengukuran dan maintanance di kemudian hari.

Penangkal Petir SNI

Demikianlah teori aplikasi instalasi penangkal petir untuk Evo Franklin EF-60, konsultasikanlah rencana pekerjaan penangkal petir untuk bangunan anda kepada orang yang telah berpengalaman atau menggunakan jasa-jasa instalasi penangkal petir atau anti petir di kota anda. Mari kita sadar akan keselamatan dan lindungilah aset bangunan kita beserta penghuni dan tenaga kerjanya.

Save

Save

Save

Sambaran petir bisa terjadi secara langsung maupun tidak langsung keduanya menimbulkan kerugian bagi manusia, sambaran langsung biasanya langsung menghancurkan atau merusak objek yang disambarnya.
Untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya sambaran petir secara langsung diperlukan penangkal petir external, dewasa ini penangkal petir external yang boleh digunakan ada dua jenis, penangkal petir konvensional dan penangkal petir elektrostatis.

Sedangkan sambaran tidak langsung menimbulkan induksi petir yang dapat mengakibatkan kerusakan pada alat-alat elektronik dirumah kita, hal itu terjadi karena adanya tegangan lebih yang menerobos kedalam jaringan listrik rumah kita. Dibawah ini gambar beberapa jenis induksi yang disebabkan oleh sambaran petir.
Untuk penanganan agar peristiwa ini tidak terjadi maka perlu sekali jaringan listrik pada sebuah bangunan dilengkapi dengan perangkat Surge Arrester (Pelepas tegangan lebih/over voltage). Jenis dan merk Surge Arrester ini banyak sekali tersedia di pasaran umum, yang jelas pemasangan arrester harus di hubungkan dengan grounding ke bumi. Surge Arrester atau penangkal petir internal ini dipasang di panel listrik dan di perangkat-perangkat elektronik kita.
Jika kita akan merencanakan pemasangan surge arrester, sebelumnya harus dipasang terlebih dahulu instalasi penangkal petir eksternal dan groundingnya pada bangunan yang akan dilindungi tersebut, karena akan menjadi percuma jika kita hanya memasang internal protection sedangkan penangkal petir eksternalnya tidak ada serta sistem grounding harus sesuai dengan standarisasi agar penangkal petir yang kita pasang dapat bekerja dengan baik. Untuk penangkal petir external resistansi tanah yang dibutuhkan adalah kurang dari 5 Ω sedangkan untuk penangkal petir internal kurang dari 1 Ω.

 

Leave a Reply