cara-kerja-penangkal-petir-evo-franklin

MITRA TERBAIK PENANGKAL PETIR

Agen Penangkal Petir ESE

Mitra Elektrikal adalah perusahaan dan mitra terbaik penangkal petir, pengertian petir dari mitologi, telah lama dikhawatirkan sebagai kilat atmosfer asal supranatural, atau senjata besar para dewa. Orang-orang Yunani banyak yang kagum dan takut oleh petir yang dilemparkan oleh Zeus. Untuk bangsa Viking, petir dikenalkan oleh palu thor yang menghantam landasan saat mengendarai keretanya melintasi awan. Di Timur, patung awal Buddha menunjukkan kepadanya membawa petir dengan panah pada setiap akhir. Suku Indian di Amerika Utara percaya bahwa petir adalah bulu berkedip burung mistis yang mengepakkan sayap menghasilkan suara guntur.

  • Petir di Amerika Serikat dan di Indonesia

Saat ini, teknik ilmiah lebih dominan digunakan dari pada mistis yang digunakan untuk menjelaskan petir dengan prosedur eksperimental menggantikan konsep intuitif. Namun, kami tetap kagum petir yang masih bersinar dengan misteri, dan memang demikian. Setiap tahun, petir bertanggung jawab atas kematian ratusan atau lebih orang, luka beberapa ratus lebih, dan jutaan dolar dalam kerusakan properti, di Amerika Serikat.

Agen Penangkal Petir ESEIndonesia terletak didaerah katulistiwa yang panas dan lembab , mengakibatkan terjadinya hari guruh ( IKL) yang sangat tinggi dibanding daerah lainnya ( 100 -200 hari pertahun) , bahkan daerah cibinong sempat tercatat pada Guiness Book of Records 1988, dengan jumlah 322 petir per tahun. Kerapatan sambaran petir di Indonesia juga sangat besar yaitu 12/ km2/ tahun yang berarti pada setiap luas area 1 km2 berpotensi menerima sambaran petir. sebanyak 12 kali setiap tahunnya. Energy yang dihasilkan oleh satu sambaran petir mencapai 55 kwhours. Statistik menunjukan bahwa besaran arus Petir umumnya berkisar antara 30-80KA ( pernah pula terdeteksi sampai 300KA) dan untuk lengkapnya dapat dilihat pada tabel disamping ini.Semakin besar arus petir pada gilirannya akan menyebakan kenaikan tegangan yang semakin besar.

  • Penelitian Petir Oleh NASA

Sementara ini lebih dari cukup alasan untuk NASA untuk mengejar penelitian petir, petir memiliki efek langsung pada operasi sehari-hari juga. Menghindari sambaran petir untuk pesawat ruang angkasa selama peluncuran sangat bergantung pada kemampuan meteorologi untuk secara akurat meramalkan dan menafsirkan bahaya petir untuk kendaraan NASA di bawah situasi cuaca yang berbeda-beda. Bahaya berat bagi NASA karena petir telah didokumentasikan dengan baik. Salah satu insiden besar terjadi selama tahun 1969 peluncuran Apollo 12 misi saat singkat petir tersingkir elektronik pesawat ruang angkasa penting. Untungnya, para astronot kembali kontrol.

Sulit untuk mendapatkan statistik yang akurat mengenai cedera petir dan kematian karena kompilasi sistematis informasi tentang korban petir tidak ada. Banyak sejarah kasus menunjukkan kerusakan jantung . Paru-paru meningkat dan kerusakan otak juga telah diamati dari kematian petir . Kehilangan kesadaran , amnesia , kelumpuhan dan luka bakar dilaporkan oleh banyak orang yang selamat .

Kematian dan cedera ternak dan hewan lain , ribuan kebakaran hutan dan sikat , serta jutaan dolar dalam kerusakan bangunan , sistem komunikasi , jaringan listrik , dan sistem listrik juga hasil dari petir Akhirnya , ancaman petir menyebabkan banyak penghentian kerja dan kehilangan produksi meningkatkan waktu dan biaya yang diperlukan untuk mempersiapkan NASA pesawat ruang angkasa untuk penerbangan.

Penangkal Petir Evo Franklin EF-60 didesign khusus untuk bangunan kecil dengan ketinggian 1 hingga 3 lantai atau luas area di bawah 2000m2 seperti Rumah dan Kantor. Anti Petir EF-60 juga dapat dipergunakan untuk tower triangle atau tower BTS. Dibuat dengan teknologi terkini dan material berkualitas Evo Franklin dapat memberikan solusi terbaik untuk sistem penangkal petir anda. Instalasi Anti petir Evo Franklin terdapat 3 bagian utama:

1. Anti Petir EF-60

Dalam Air terminal Evo Frankin terdapat Hole Cable Conector dan Pole Conector yang sangat mudah dalam pengaplikasian instalasi. Minimal dan maksimal Hole cabel conector bisa menggunakan kabel dari ukuran 25mm -50mm yang dapat di kunci Clip Bolt conector 10mm. Pole Conector untuk tiang penyanga anti petir menggunakan Galvanize pipe 1 inches dan dapat di kombinasikan menggunakan ploksok atau soket sesuai ukuran yang diperlukan di lapangan. Panjang pipa yang di butuhkan minimal 1 meter diatas bangunan tertinggi.

 Penangkal Petir SNI  Harga Penangkal Petir  Penangkal petir

​​​

2. Kabel Penghantar Penyalur petir

Kabel penghantar untuk penangkal petir Evo Franklin dapat menggunakan kabel BC dengan ukuran min 1 x 25mm – 50mm, juika menggunakan kabel BC sebaiknya gunakanlah isolator PVC sesuai ukuran kabel, supaya dapat meredam induksi. Atau dapat menggunakan kabel yang sudah berisolator seperti kabel NYA atau pun NYY. Instalasikan dan klem dengan baik dan rapih instalasi kabel penyalur petir tersebut, pertimbangkanlah nilai estetika bangunan supaya terlihat elok tanpa mengurangi sistem kerja penyaluran kedalam pembumian.

Penangkal Petir Elektrostatis

Penangkal petir elektrostatis terbaik

3. Pembumian atau Arde Penyalur Petir

Buatlah sistem grounding dengan baik dan ukur dengan menggunakan eart tester grounding untuk mendapatkan hasil maksimal. Nilai standart yang diperguakan adalah < 5 Ohm, gunakanlah logam yang baik dalam pembuatan sistem pembumian, seperti : logam tembaga, galvanize bahkan almuniumpun dapat dipergunakan. Atur kedalaman grounding dan penyebaran material supaya mendapatkan nilai resistansi yang baik. Buatlah bak kontrol untuk pengukuran dan maintanance di kemudian hari.

Penangkal Petir SNI

Demikianlah teori aplikasi instalasi penangkal petir untuk Evo Franklin EF-60, konsultasikanlah rencana pekerjaan penangkal petir untuk bangunan anda kepada orang yang telah berpengalaman atau menggunakan jasa-jasa instalasi penangkal petir atau anti petir di kota anda. Mari kita sadar akan keselamatan dan lindungilah aset bangunan kita beserta penghuni dan tenaga kerjanya.

Save

Sejarah Penangkal Petir

Benjamin Franklin Benjamin Franklin melakukan studi ilmiah pertama sistematis petir pada paruh kedua abad ke-18. Sebelum waktu itu, ilmu listrik telah dikembangkan ke titik di mana muatan positif dan negatif bisa dipisahkan. Mesin listrik bisa, dengan menggosok bersama dua bahan yang berbeda, menyimpan biaya dalam kapasitor primitif yang disebut Leyden Jars dari mana percikan api dapat dihasilkan dan diamati.

Harga Penangkal PetirSementara yang lain sebelumnya mencatat kesamaan antara percikan laboratorium dan petir, Franklin adalah orang pertama yang merancang percobaan yang dibuktikan sifat listrik dari petir. Dalam eksperimennya, ia berteori bahwa awan bermuatan listrik, dari yang berikut bahwa petir juga harus listrik. Percobaan ini melibatkan Franklin berdiri pada berdiri listrik, memegang tongkat besi dengan satu tangan untuk mendapatkan debit listrik antara sisi lain dan tanah. Jika awan yang bermuatan listrik maka bunga api akan melompat antara batang besi dan kawat membumi, dalam hal ini, diselenggarakan oleh lilin isolasi.

Percobaan ini berhasil dilakukan oleh Thomas Francois D’Alibard Perancis Mei 1752 ketika percikan api yang diamati untuk melompat dari batang besi selama badai. GW Richmann, seorang fisikawan Swedia bekerja di Rusia selama bulan Juli 1753, membuktikan bahwa awan mengandung muatan listrik, dan tewas ketika petir menyambar dirinya.

Sebelum Franklin dicapai percobaan aslinya, ia memikirkan cara yang lebih baik untuk membuktikan hipotesis melalui penggunaan layang-layang. Layang-layang mengambil tempat batang besi, karena bisa mencapai ketinggian yang lebih besar dan bisa diterbangkan di mana saja. Selama badai Pennsylvania tahun 1752 layang-layang yang paling terkenal dalam sejarah terbang dengan bunga api melompat dari kunci diikat ke bagian bawah basah layang-layang string untuk pita isolasi sutra terkait dengan buku-buku jari tangan Franklin. Tubuh Franklin beralasan memberikan jalan untuk melakukan arus listrik merespon kuat penumpukan medan listrik di awan badai.

Selain menunjukkan bahwa badai mengandung listrik, dengan mengukur tanda muatan disampaikan melalui aparat layang-layang, Franklin mampu menyimpulkan bahwa sementara awan yang di atas kepala, bagian bawah badai yang didakwa umumnya negatif.

Pengertian Penangkal Petir

Alat penyalur petir berfungsi untuk mencegah kontruksi bangunan dari sambaran petir. Muatan listrik petir berusaha mencari jalur yang terpendek untuk mengalir dari awan ke tanah atau sebaliknya. Jalur terpendek yang mungkin dicapai oleh muatan listrik adalah bangunan yang tinggi, seperti rumah atau gedung, pohon atau manusia yang berada di tengah lapangan. Alat Penangkal Petir merupakan logam air terminal yang dipasang pada puncak gedung atal rumah. Alat anti petir ini bekerja berdasarkan prinsip induksi muatan listrik. Yaitu peristiwa pemisahan muatan listrik positif dan negatif (elektron).
Ujung alat penangkal petir yang berbentuk bulat atau lancip bersifat melepaskan muatan yang dikandungnya. Bila terdapat awan bermuatan positif disekitarnya, maka ujung air terminal penangkal petir akan bermuatan negatif dan akan dilepas ke molekul udara dan menuju ke arah awan.
Sebaliknya, muatan positif yang ada di awan akan bergerak pindah menuju ujung air terminal penangkal petir. Muatan ini akan diteruskan menuju tanah melalui logam tembaga yang dipasang.
Dengan demikian tidak terjadi loncatan bunga api listrik yang lebih besar akibat pemindahan muatan listrik. Jika terjadi juga loncatan bunga api listrik, muatan ini akan mengalir melalui penghantar penangkal petir menuju tanah sehingga tidak membahayakan bangunan dan penghuninya.
Dapat disimpulkan bahwa alat Penyalur petir merupakan alat yang dapat mengurangi loncatan bunga api listrik yang besar. Demikianlah secara dangkal uraian prinsip kerja alat penangkal petir.
Dalam Perlindungan Penangkal Petir atau Anti Petir maupun sebutan penyalur petir terdapat dua sistem yang sangat erat berkaitan satu sama lainnya, yang pertama adalah penangkal petir eksternal yaitu instalasi penyalur petir yang sering kita jumpai di atas bangunan berupa batangan tembaga ataupun sistem elektrostatis.

 

Penangkal Petir Evo Franklin EF-60 didesign khusus untuk bangunan kecil dengan ketinggian 1 hingga 3 lantai atau luas area di bawah 2000m2 seperti Rumah dan Kantor. Anti Petir EF-60 juga dapat dipergunakan untuk tower triangle atau tower BTS. Dibuat dengan teknologi terkini dan material berkualitas Evo Franklin dapat memberikan solusi terbaik untuk sistem penangkal petir anda. Instalasi Anti petir Evo Franklin terdapat 3 bagian utama:

1. Anti Petir EF-60

Dalam Air terminal Evo Frankin terdapat Hole Cable Conector dan Pole Conector yang sangat mudah dalam pengaplikasian instalasi. Minimal dan maksimal Hole cabel conector bisa menggunakan kabel dari ukuran 25mm -50mm yang dapat di kunci Clip Bolt conector 10mm. Pole Conector untuk tiang penyanga anti petir menggunakan Galvanize pipe 1 inches dan dapat di kombinasikan menggunakan ploksok atau soket sesuai ukuran yang diperlukan di lapangan. Panjang pipa yang di butuhkan minimal 1 meter diatas bangunan tertinggi.

 Penangkal Petir SNI  Harga Penangkal Petir  Penangkal petir

​​​

2. Kabel Penghantar Penyalur petir

Kabel penghantar untuk penangkal petir Evo Franklin dapat menggunakan kabel BC dengan ukuran min 1 x 25mm – 50mm, juika menggunakan kabel BC sebaiknya gunakanlah isolator PVC sesuai ukuran kabel, supaya dapat meredam induksi. Atau dapat menggunakan kabel yang sudah berisolator seperti kabel NYA atau pun NYY. Instalasikan dan klem dengan baik dan rapih instalasi kabel penyalur petir tersebut, pertimbangkanlah nilai estetika bangunan supaya terlihat elok tanpa mengurangi sistem kerja penyaluran kedalam pembumian.

Penangkal Petir Elektrostatis

Penangkal petir elektrostatis terbaik

3. Pembumian atau Arde Penyalur Petir

Buatlah sistem grounding dengan baik dan ukur dengan menggunakan eart tester grounding untuk mendapatkan hasil maksimal. Nilai standart yang diperguakan adalah < 5 Ohm, gunakanlah logam yang baik dalam pembuatan sistem pembumian, seperti : logam tembaga, galvanize bahkan almuniumpun dapat dipergunakan. Atur kedalaman grounding dan penyebaran material supaya mendapatkan nilai resistansi yang baik. Buatlah bak kontrol untuk pengukuran dan maintanance di kemudian hari.

Penangkal Petir SNI

Demikianlah teori aplikasi instalasi penangkal petir untuk Evo Franklin EF-60, konsultasikanlah rencana pekerjaan penangkal petir untuk bangunan anda kepada orang yang telah berpengalaman atau menggunakan jasa-jasa instalasi penangkal petir atau anti petir di kota anda. Mari kita sadar akan keselamatan dan lindungilah aset bangunan kita beserta penghuni dan tenaga kerjanya.

Save

Save

Save

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *