Penangkal Petir Semarang

Penangkal Petir Semarang 081221711127 – Dalam pengertian penangkal petir modern kini di bedakan menjadi dua, yaitu :

  1. Penangkal Petir Konvensional
  2.  Penangkal Petir Elektrostatis

Sebelum membahas tentang pengertian petir alangkah baiknya kita mengetahui pengertian petir itu sendiri. Petir adalah gejala alam yang muncul sebelum datangnya hujan atau bersamaan dengan hujan. Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara. Petir lebih sering terjadi pada musim hujan, karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan.

Intensitas petir di daerah atau kota medan sendiri tergolong sangatlah besar, itulah alasan mengapa penangkal petir medan sangat di butuhkan.

Pengertian Penangkal Petir Konvensional

Penangkal petir konvensional adalah suatu alat yang di gunakan sebagai penerima arus sambaran petir. Penyalur petir konvensional biasa di sebet dengan penyalur petir/anti petir pasif.

Pengertian Penangkal Petir Elektrostatis

Penangkal petir elektrostatis atau radius adalah suatu alat yang di gunakan sebagai penangkap arus sambaran petir yang akan menyambar di daerah gedung atau bangunan yang telah terpasang dengan penangkal petir / penyalur petir / anti petir elektrostatis. Penyalur petir elektrostatis biasa di sebet dengan penyalur petir/anti petir aktif.

Dari fungsinya, kedua penangkal petir medan tersebut sama-sama bekerja sangat efektif.

– Penangkal Petir Medan –

Hubungi :

mitraelektrikal@gmail.com

www.mitraelektrikal.com

– Penangkal Petir Medan –

Penangkal Petir Evo Franklin EF-60 didesign khusus untuk bangunan kecil dengan ketinggian 1 hingga 3 lantai atau luas area di bawah 2000m2 seperti Rumah dan Kantor. Anti Petir EF-60 juga dapat dipergunakan untuk tower triangle atau tower BTS. Dibuat dengan teknologi terkini dan material berkualitas Evo Franklin dapat memberikan solusi terbaik untuk sistem penangkal petir anda. Instalasi Anti petir Evo Franklin terdapat 3 bagian utama:

1. Anti Petir EF-60

Dalam Air terminal Evo Frankin terdapat Hole Cable Conector dan Pole Conector yang sangat mudah dalam pengaplikasian instalasi. Minimal dan maksimal Hole cabel conector bisa menggunakan kabel dari ukuran 25mm -50mm yang dapat di kunci Clip Bolt conector 10mm. Pole Conector untuk tiang penyanga anti petir menggunakan Galvanize pipe 1 inches dan dapat di kombinasikan menggunakan ploksok atau soket sesuai ukuran yang diperlukan di lapangan. Panjang pipa yang di butuhkan minimal 1 meter diatas bangunan tertinggi.

 Penangkal Petir SNI  Harga Penangkal Petir  Penangkal petir

​​​

2. Kabel Penghantar Penyalur petir

Kabel penghantar untuk penangkal petir Evo Franklin dapat menggunakan kabel BC dengan ukuran min 1 x 25mm – 50mm, juika menggunakan kabel BC sebaiknya gunakanlah isolator PVC sesuai ukuran kabel, supaya dapat meredam induksi. Atau dapat menggunakan kabel yang sudah berisolator seperti kabel NYA atau pun NYY. Instalasikan dan klem dengan baik dan rapih instalasi kabel penyalur petir tersebut, pertimbangkanlah nilai estetika bangunan supaya terlihat elok tanpa mengurangi sistem kerja penyaluran kedalam pembumian.

Penangkal Petir Elektrostatis

Penangkal petir elektrostatis terbaik

3. Pembumian atau Arde Penyalur Petir

Buatlah sistem grounding dengan baik dan ukur dengan menggunakan eart tester grounding untuk mendapatkan hasil maksimal. Nilai standart yang diperguakan adalah < 5 Ohm, gunakanlah logam yang baik dalam pembuatan sistem pembumian, seperti : logam tembaga, galvanize bahkan almuniumpun dapat dipergunakan. Atur kedalaman grounding dan penyebaran material supaya mendapatkan nilai resistansi yang baik. Buatlah bak kontrol untuk pengukuran dan maintanance di kemudian hari.

Penangkal Petir SNI

Demikianlah teori aplikasi instalasi penangkal petir untuk Evo Franklin EF-60, konsultasikanlah rencana pekerjaan penangkal petir untuk bangunan anda kepada orang yang telah berpengalaman atau menggunakan jasa-jasa instalasi penangkal petir atau anti petir di kota anda. Mari kita sadar akan keselamatan dan lindungilah aset bangunan kita beserta penghuni dan tenaga kerjanya.

Save

Leave a Reply